Organisasi Kemahasiswaan

Komunitas studi dan pengembangan minat dan bakat, antara lain:


Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro

Himpunan mahasiswa dibentuk sebagai wadah mahasiswa program studi Teknik Elektro untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang organisasi. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyusun kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas mahasiswa. Kegiatan yang dilakukan oleh himpunan tetap dilakukan pengawasan dan pembinaan dibawah kemahasiswaan program studi Teknik Elektro. Pada tahun 2021 ini Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro memasuki usia yang ke-5.

Adapun Visi dan Misi dari Kabinet Kalibrasi, yaitu :

VISI :

“Terwujudnya HMTE ITK yang prestatif dan menjadi wadah untuk berkembang serta berkarya dengan berlandaskan adaptif, inovatif, professional dan tanggung jawab yang menjunjung tinggi nilai moral”

Misi :

1. Meningkatkan internal HMTE ITK yang supportif, harmonis dan apresiatif guna menyelaraskan HMTE ITK yang terkoordinir dan kekeluargaan
2. Mengembangkan softskill dan hardskill anggota HMTE ITK
3. Membangun dan meningkatkan kolaborasi dengan pihak eksternal guna mewujudkan citra positif dan mendukung kegiatan berorganisasi
4. Membentuk pola pengembangan karakter yang sistematis dengan berlandaskan SPECTA guna menumbuhkan semangat kompetitif dan prestatif

Kabinet Kalibrasi

Adapun makna dari logo kabinet Kalibrasi yang terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu : Simbol burung Phoenix, Simbol Lingkaran, Warna Biru pada logo, dan Gradasi Warna pada logo.

Badan Pengurus Harian

Salam kenal dengan Badan Pengurus Harian HMTE ITK Kabinet Kalibrasi,

BPH (Badan Pengurus Harian) adalah suatu badan yang menjalankan fungsi kontrol, koordinasi, pengembangan, dan peningkatan sistem manajemen administrasi dan keuangan serta komunikasi dalam melaksanakan program kerja dan agenda HMTE ITK.

BPH terdiri dari Ketua Himpunan, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa

Salam kenal dengan  ADKESMA HMTE ITK Kabinet Kalibrasi,

ADKESMA (Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa) merupakan departemen yang bertugas dalam mewujudkan kesejahteraan mahasiswa Teknik Elektro yang aktif, transparan, terbuka dan bermanfaat bagi civitas HMTE ITK serta program kerja yang berhubungan.

Adkesma bertugas dalam bimbingan terkait permasalahan akademik mahasiswa Teknik Elektro ITK. Menjembatani mahasiswa Teknik Elektro ITK dalam menyelesaikan masalah dengan pihak birokrasi.
Serta Memfasilitasi mahasiswa Teknik Elektro ITK dalam memberikan bantuan sosial untuk mahasiswa ITK.

Departemen Dalam Negeri

Salam kenal dengan Departemen DAGRI HMTE ITK Kabinet Kalibrasi,

DAGRI (Dalam Negeri) merupakan wadah yang mempererat hubungan serta menciptakan lingkungan yang harmonis, aktif, serta produktif dalam lingkungan internal HMTE ITK.

Departemen Dagri bekerja dalam melaksanakan kegiatan -kegiatan didalam lingkup internal HMTE yang bertujuan agar membentuk himpunan yang aktif. Melakukan upaya agar terjalinnya silahturahmi antar warga Teknik Elektro ITK, serta menjaga rasa kekeluargaan, keharmonisan serta suasana kondusif antar warga dalam lingkup internal Teknik Elektro ITK.

Departemen Hubungan Luar

Salam kenal dengan Departemen HUBLU HMTE ITK Kabinet Kalibrasi,

HUBLU (Hubungan Luar) merupakan departemen yang berperan aktif dalam membangun citra positif dan hubungan harmonis dengan eksternal yang kuat untuk kemajuan dan eksistensi HMTE ITK.

Departemen Hublu bekerja dalam melaksanakan kegiatan yang mempererat hubungan eksternal HMTE ITK, serta memfasilitasi forum bersama dengan alumni.

Departemen Kewirausahaan

Salam kenal dengan KWU HMTE ITK Kabinet Kalibrasi,

KWU (Kewirausahaan) adalah wadah untuk Mahasiswa Teknik Elektro ITK untuk mengembangkan ilmu kewirausahaan serta menjadikan HMTE ITK mandiri secara finansial.

Departemen KWU bekerja dalam menjalin kerjasama dengan pihak eksternal guna meningkatkan kemajuan kemandirian pendanaan HMTE ITK. Mendirikan usaha mandiri yang dibangun oleh HMTE ITK. Serta merancang kegiatan mandiri guna memperoleh keuntungan untuk HMTE ITK.

Departemen Komunikasi, Media, dan Informasi

Salam kenal dengan Departemen Komunikasi Media dan Informasi HMTE ITK Kabinet Kalibrasi,

Kominfo (Komunikasi Media dan Informasi) merupakan departemen yang bertugas dalam penyebaran informasi seputar kegiatan dan wawasan Teknik Elektro HMTE ITK.

Departemen Kominfo terdiri dari 4 Divisi yaitu : divisi design, publikasi, website, dan dokumentasi yang saling bekerja sama menyediakan serta mengelola media komunikasi yang efektif dan efisien sebagai komunikasi dua arah antara Kabinet HMTE ITK dan Mahasiswa Teknik Elektro ITK.

Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

Salam kenal dengan Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa HMTE ITK Kabinet Kalibrasi,

PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) adalah sebuah wadah untuk mengembangkan potensi dan kepribadian mahasiswa Teknik Elektro agar tercipta kader-kader yang berkualitas serta mampu menjadi penggerak di HMTE ITK.

Departemen Riset dan Teknologi

Salam kenal dengan Departemen RISTEK HMTE ITK Kabinet Kalibrasi,

RISTEK (Riset dan Teknologi) merupakan departemen yang berperan dalam pengembangan budaya keilmiahan Mahasiswa Teknik Elektro ITK yang progresif dengan berlandaskan pada ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membentuk pribadi yang unggul dan berprestasi.

Departemen Ristek bertugas dalam melaksanakan kegiatan pengembangan diri dalam bentuk pelatihan untuk Mahasiswa Teknik Elektro ITK, serta melaksanakan proses KPKM pada tingkat program studi sesuai Grand Desain KPKM HMTE ITK.

Departemen Sosial dan Masyarakat

Salam kenal dengan SOSMAS HMTE ITK Kabinet Kalibrasi,

SOSMAS (Sosial Masyarakat) merupakan departemen yang bertugas untuk mewujudkan Mahasiswa Teknik Elektro ITK yang berjiwa sosial terhadap lingkungan sekitar, baik didalam Kampus maupun diluar Kampus.

Departemen Sosmas bekerja dalam perancangan sistem pengabdian masyarakat khususnya pada bidang IPTEK, SOSIAL bagi mahasiswa Elektro ITK. Menjalin kerja sama dengan pihak luar untuk membantu daerah-daerah yang dirasa perlu sebagai implementasi rasa kepedulian terhadap lingkungan. Serta mewadahi mahasiswa Teknik Elektro ITK dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Dewan Perwakilan Mahasiswa Teknik Elektro

Salam Kenal dengan DPM Prodi Teknik Elektro ITK

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Teknik Elektro ITK merupakan lembaga perwakilan mahasiswa yang bertanggung jawab mewujudkan Mahasiswa Teknik Elektro ITK yang SPECTA.

DPM bertugas dalam menjalankan fungsi legislasi HMTE ITK berlandaskan AD/ART HMTE ITK.
Menjaring, mengolah serta menyampaikan aspirasi HMTE ITK yang bersifat ke dalam maupun ke luar HMTE ITK.
DPM juga bertugas dalam mengawasi kebijakan Lembaga Eksekutif HMTE ITK agar sesuai dengan AD/ART HMTE ITK dan GBHK LE HMTE ITK

DPM teridiri dari Ketua, Badan Kelengkapan, serta 3 Komisi, yaitu : Komisi Pengawasan, Legislasi, dan Aspirasi.