Webinar Karya Tulis Ilmiah : Bangun Semangat Menulis Mahasiswa yang Sesuai Kaidah

Webinar - 15 November 2020 - 12:00 AM

Balikpapan - Teknik Elektro ITK telah menggelar webinar dengan mengangkat tema “Karya Tulis Ilmiah” pada Minggu (1/11/2020). Acara ini bertujuan untuk membangun semangat menulis mahasiswa khususnya mahasiswa Elektro ITK yang sesuai dengan kaidah penulisan.

Menurut Ibu Happy Aprilia, S.ST., M.T., M.Eng, Ph.D. selaku Dosen Teknik Elektro ITK serta pemateri pada webinar ini, karya tulis ilmiah merupakan laporan yang ditulis dan dipublikasikan dari hasil temuan yang sebenarnya, mengkaji kaidah keilmuan atau hasil kegiatan ilmiah.    

Alasan Menulis

Dosen Teknik Elektro ITK, Ibu Happy Aprillia, S.ST., M.T., M.Eng. mengatakan, bahwa salah satu cara untuk menyederhanakan ide-ide kita yang kompleks di otak kita adalah dengan cara menulis. Kita bisa menyederhanakannya dengan cara membuat sebuah mind mapping, mind mapping akan membantu kita dalam menyusun ide-ide kita serta menghubungkannya dari ide satu dengan ide yang lainnya.

Menulis dapat memberikan beberapa manfaat bagi kita. Terkadang apa yang kita ucapkan akan mudah terlupakan seiring berjalannya waktu, dan dengan menulis kita dapat memulihkan ingatan kita. Kita juga dapat mempermudah dalam membagikan sudut pandang kita kepada orang lain dengan cara menulis. Menulis juga dapat menjadi sarana untuk melatih otak kita dan juga mental kita.

Tujuan menulis berdasarkan dari jenis penulisan dapat dikategorikan menjadi beberapa kategori, yaitu : Penulisan ekspositori yaitu menguraikain fakta, Penulisan deskriptif yaitu menggambarkan ide dengan detail, Penulisan persuasif yaitu mengarahkan pembaca ke perspektif, dan yang terakhir adalah Penulisan naratif yaitu menulis sebuah cerita.

“Dengan anda pandai dalam hal menulis maka anda juga akan pandai dalam hal berbicara, karena kalian akan menuliskannya dengan kalimat-kalimat yang efektif dan dengan paragraf-paragraf yang komperhensif yang akan berkaitan dengan jelas antara paragraf satu dengan paragraf lainnya, dan tentu itu akan membantu kemampuan berbicara anda,” jelas dosen Elektro.

Plagiarisme

“Plagiarisme adalah ketika kita menampilkan sebuah ide, karya, ataupun pekerjaan orang lain sebagai milik kita, dengan atau tanpa sepengetahuan orang tersebut, dengan menggabungkan karya, ide, atau pekerjaan tersebut dengan pekerjaan kita tanpa izin penuh dari pemilik karya,” ujar dosen Elektro tersebut.

Plagiarisme memiliki ciri-ciri antara lain, yaitu : kutipan kata demi kata yang bersumber dari internet tanpa pengakuan yang jelas, tidak akurat, dan tidak benar. Adanya kolusi (pengakuan sepihak). Serta penggunaan materi yang ditulis oleh lembaga profesional atau orang lain.

Jenis & Kaidah Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Jenis karya tulis ilmiah dibagi menjadi tiga, yaitu : Karya Tulis Akademik yaitu digunakan untuk keperluan pendidikan atau akademi, contohnya yaitu thesis, skripsi, dan tugas akhir. Karya Tulis Ilmiah Populer yaitu karya ilmiah yang disajikan ke hadapan massa secara popular pada media-media massa cetak, digunakan bahasa yang populer sehingga mudah dipahami oleh masyarakat, contohnya yaitu opini, dan essai. Karya Tulis Ilmiah Penelitian yaitu laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan, contohnya jurnal, dan artikel seminar.

Didalam Kaidah Penulisan KTI, kita harus memperhatikan beberapa hal, yaitu : Format serta template karya tulis ilmiah yang dituju, Tema karya tulis ilmiah yang dituju, dan yang terakhir adalah struktur penulisan karya tulis ilmiah yang dituju.

Tips Menembus Publikasi

“Ada tiga syarat untuk menembus publikasi yaitu diantaranya adalah keterbaruan, realistis, dan adanya implikasi,” ujar Dosen Elektro tersebut. Keterbaruan merupakan temuan dari sebuah penelitian yang dimana penelitian dikatakan baik jika menemukan suatu temuan baru. Realistis disini dimaksudkan bahwa ide bersifat logis sehingga dapat diaplikasikan dalam bentuk nyata. Implikasi adalah kesimpulan atau hasil akhir yang didapatkan dari sebuah penelitian.

 

Penulis : Retno Debbi Yulisya dan Zafira Azyati (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2020)