Tutorial Akademik Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pembelajaran Diluar Dari Pembelajaran Jam Perkuliahan

Informasi - 15 November 2020 - 12:00 AM

Balikpapan – Tutorial akademik merupakan program kerja dari departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) HMTE ITK. Tutorial akademik ini untuk menambah pemahaman akan materi mata kuliah dengan di tutor langsung oleh mahasiswa yang telah mengambil dan memahami mata kuliah tersebut. Terdapat dua mata kuliah pada tutorial akademik ini yaitu Rangkaian Listrik 1 dan Matematika Teknik 2 yang dapat diakses melalui tautan dibawah ini

Naufal selaku penanggung jawab dari proker Tutorial Akademik memberikan keterangan. “Apakah kedepannya ada e-learning tutorial akademik via gmeet/zoom?”

“Untuk e-learning sendiri itu menyesuaikan kondisi. misalkan seperti sekarang, yang sangat tidak memungkinkan para mahasiswa untuk bertatap muka langsung, maka alternatifnya yaitu menggunakan via digital. menurut saya sendiri sebenarnya via digital itu banyak sekali manfaatnya, namun, kekurangan yang sering dikeluhkan adalah bagaimana para pembelajar memahami apa yang di pelajari di e-learning. karena, tentu saya pribadi akan lebih paham apabila melakukan pembelajaran melalui tatap muka langsung. jadi, untuk e-learning kemungkinan bisa ada, menyesuaikan keinginan serta urgensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa. kegiatan tutor sendiri kan dari mahasiswa, untuk mahasiswa. kami dan penutor hanya sebagai sarana dan penyalur saja, apabila mahasiswa merasa e-learning via google meet sangat diperlukan, kami siap untuk menyediakan serta melaksanakannya.” Ujar Naufal, selaku PJ Proker Tutorial Akademik.

Teruslah meningkatkan kualitas diri akan pemahaman materi-materi perkuliahan. Apabila terdapat kesulitan dari pemahaman materi bisa melihat tutorial-tutorial akademik, belajar bersama/kelompok, bertanya kepada orang yang memahami materi tersebut dan sebagainya sesuai dengan kemampuan diri.

 

Penulis: Andhika Naufal Zein (Staff Ahli HMTE ITK)

Video Terkait :