Sharing and Discussion : Ngobrol Bareng Mawapres

Prestasi - 19 Juli 2021 - 12:00 AM

Balikpapan - Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Kalimantan (ITK) mengadakan Sharing and Discussion pada Minggu (11/07/2021) melalui via daring dengan menggunakan streaming Live Instagram akun Elektro ITK. Adapun tema yang diangkat ini membahas mengenai tips rahasia menjadi Mawapres (Mahasiswa Berprestasi), dengan judul Ngobrol-ngobrol dengan Mawapres.

    Sharing and Discussion ini dibintangi oleh narasumber Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Institut Teknologi Kalimantan, yaitu Dandy Saputra Mahasiswa Elektro angkatan 2018. Acara ini dipandu oleh moderator kita yaitu Viona Theresia, Mahasiswi Elektro angkatan 2020.

    Menurut narasumber, Dandy Saputra mengatakan bahwa perkuliahan merupakan jenjang pendidikan yang mana kita sebagai Mahasiswa mulai memfokuskan pada suatu bidang yang nantinya dipersiapkan untuk turun di dunia kerja. Kuliah sangat penting untuk memberikan pengalaman, skill, serta bekal untuk menghadapi era globalisasi.

Tips and Tricks

    Perlu tekad, serta kerja keras untuk mendapatkannya. Tidak hanya dalam akademik tetapi dalam kegiatan, cara komunikasi, organisasi, menciptakan network, serta kontribusi bagi perguruan tinggi sendiri, dan lingkungan sekitar. Hal tersebut tidak didapat secara instan, diperlukan kerja keras untuk mendapatkannya.

  1. Seimbangkan akademik dan organisasi, mempertahankan nilai IPK diatas 3.00
  2. Non Akademik perlu dipelajari, mulai menggali dan mempelajari hal positif Giat menabung prestasi, dikarenakan prestasi merupakan faktor yang sangat penting dalam seleksi mawapres.
  3. Meningkatkan kemampuan bahasa inggris dalam speaking, listening, dan writting.
  4. Mengasah kemampuan dalam diri, kemmapuan ini dapat diasah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan.
  5. Aktif dalam berorganisasi, terlibat dalam organisasi akan menambah pengalaman dalam menjalin relasi, mengembangkan skill kepemimpinan, serta dapat membuka dan memperluas explorasi diri kita. Organisasi ini sangat penting, yang mana merupakan salah satu nilai plus dalam seleksi mawapres.
  6. Bangun relasi yang luas, menjalin relasi dengan latar belakang sangat menambah kemampuan dalam diskusi berkelompok, memperluas wawasan, serta membantu meraih peluang dalam prestasi.
  7. Berlatih membuat karya tulis, karya tulis merupakan syarat administrasi yang sanagt penting dalam seleksi mawapres.
  8. Membuat CV (Curriculum Vitae) yang menarik, meminta saran kepada orang yang berpengalaman untuk mereview dan memberi saran CV yang telah dibuat.
  9. Open minded atau berpikiran terbuka untuk diskusi dalam berbagai hal, perbanyak diskusi tidak hanya dengan teman saja tetapi juga dengan dosen serta civitas akademika. Sehingga akan membuka pikiran-pikiran baru.
  10. Doa dan restu orang tua. Semua tips tersebut harus diiringi dengan doa, dan niatkan dengan kuat serta minta restu dari orang tua.

Motivasi

    Motivasi yang terbesar yaitu diri sendiri kita. Karena perlu niat untuk mengikuti kegiatan Mawapres. Kita perlu memotivasi diri kita, dengan menanamkan “Jangan menuntut apa yang kampus berikan kepada diri saya tetapi apa yang saya berikan kepada Kampus saya”, salah satu yang saya lakukan yaitu dengan mengikuti kegiatan Mawapres, sehingga bisa memberikan feedback yang baik untuk kampus saya serta menaikkan reputasi dari program studi saya yaitu Teknik Elektro. Serta motivasi yang juga berpengaruh besar dalam mawapres yaitu kedua Orang tua, tentunya membanggakan orang tua merupakan salah satu hal yang memperkuat niat serta kerja keras dalam mewujudkan Mawapres.

Tips Mengatur Waktu

    Dalam menjalankan perkuliahan tentunya banyak sekali kegiatan yang dapat kita ikuti, dan bagaimana jika kegiatan yang kita ikuti bertabrakan jadwalnya. Oleh karena itu, kita perlu menentukan prioritas kita dalam akademik, organisasi dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan menentukan prioritas kita mampu mengetahui tanggung jawab, serta pengaruh dari setiap kegiatan yang kita ikuti dengan diri kita.

Pengaruh Relasi

    Relasi dan pergaulan sangat mempengaruhi kemampuan kita dalam mengembangkan diri. Usahakan menjalin relasi seluas-luasnya, dan bergaul dengan teman yang memberikan dampak positif untuk diri. Teman dapat membantu kita dalam mengembangkan kemampuan diri, dan membuka berbagai pemikiran baru, serta menjadi pendukung kita dalam hal-hal positif.

Langkah Selanjutnya Setelah Menjadi Mawapres

    Setelah menjadi mawapres, tentunya ada tanggungan yang harus dilakukan. Seperti memberikan contoh yang baik bagi Mahasiswa yang lain, serta langkah selanjutnya yang akan saya lakukan yaitu mengembangkan organisasi yang telah saya dan serta teman-teman saya buat, yaitu Robotik ITK.

 


Penulis : Retno Debbi Yulisya (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)

Editor : Zafira Azyati (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)