Pengetahuan Teknik Elektro : Mengenal Semikonduktor

PTE - 08 Oktober 2021 - 12:00 AM

    Semikonduktor merupakan bahan yang memiliki resistivitas terletak antara konduktor dan isolator. Resistivitasnya pada orde 10-4 hingga 0,5 ohm meter. Tetapi semikonduktor dapat didefinisikan lebih komprehensip berdasarkan konsep pita energi bahwa semikonduktor merupakan bahan yang pita valensinya hampir penuh dan pita konduksinya hampir kosong dengan celah energi sangat kecil (sekitar 1 eV) memisahkan keduanya.

Semikonduktor itu sendiri terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Semikonduktor Intrinsik

    Semikonduktor intrinsik adalah semikonduktor murni yang belum diberi campuran atau pengotoran di mana jumlah elekron bebas dan holenya adalah sama. Semikonduktor intrinsik juga terbentuk dari semikonduktor murni yang memiliki ikatan kovalen sempurna seperti Si, Ge, C.

2. Semikonduktor Ekstrinsik

    Semikonduktor ekstrinsik adalah penambahan atom-atom bervalensi 3 atau lima pada Semikonduktor murni. Jika yang penambahan atom bervalensi lima maka atom tersebut akan menggeser atom germanium keluar dari kisi-kisi kristal sehingga satu atom yang tersisa akan terlepas dan berfungsi sebagai pembawa arus. Pada bahan germanium energi yang dibutuhkan untuk melepas satu electron tersebut adalah 0,1 eV sedangkan untuk silicon adalah 0,05eV.

Adapun beberapa komponen dan alat dalam semikonduktor, yaitu :

1. Transistor

Transistor adalah semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, pemotong (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal.

2. Dioda

Dioda berfungsi membatasi arah pergerakan muatan listrik, dioda hanya mengijinkan arus searah untuk mengalir ke satu arah saja dan menghalangi aliran ke arah yang berlawanan.

3. Sel Surya

Sel surya adalah sebuah alat semikonduktor yang terdiri dari sebuah wilayah besar dioda p-n junction, di mana dalam cahaya matahari mampu menciptakan energi listrik yang berguna.

4. Mikroprosesor

Mikroprosesor (disingkat µP atau uP) adalah sebuah Central Procesing Unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuah sirkuit integrasi semikonduktor.

 


Penulis : Wahyu Setiawan (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)

Editor: M. Abby Rafdi Syah (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)