Pengetahuan Teknik Elektro : Mengenal 3D Printing

PTE - 29 Mei 2021 - 12:00 AM

    Apa kalian tahu apa itu 3D Printer? Apakah Kalian pernah melihat 3D Printer? Atau bahkan pernah menggunakannya? 3D Printer mampu mencetak sebuah benda dalam bentuk nyata atau tiga dimensi sesuai dengan apa yang kita rancang dalam sebuah aplikasi. Di laboratorium teknik elektro ITK juga ada loh 3D Printer, penasaran dengan alat yang super canggih ini ? Mari kita lihat fakta-fakta menariknya.

Apasih 3D Printing itu ?

   3D printing adalah teknologi yang diciptakan pertama kali oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp di tahun 1980-an. Sejak saat itu, 3D Printer terus berkembang dan digunakan secara luas di berbagai negara. 3D printing mencetak menggunakan mesin printing khusus untuk dapat menghasilkan bentuk tiga dimensi. Mesin printing tersebut memiliki kecanggihan khusus, yakni mampu mencetak benda yang sama wujudnya dengan gambar pada percancangan dalam sebuah aplikasi, tentunya dalam bentuk 3D (tidak lagi sebatas mencetak gambar di atas kertas saja).

 

Apa fakta menarik 3D printing?

1. Teknologi 3D Printing Sudah Ada Sejak Lama

    Teknologi ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Kita dapat mengatakan bahwa 3D Printing membuat gebrakan di tahun 2000-an ketika masyarakat umum menemukan teknologi FDM (Fused Deposition Modeling) dan filamen nilon. Eksperimen dan paten 3D Printing pertama kali muncul di tahun 80-an.

 

2. Jenis Bahan cetak 3D Tidak Terbatas

    3D Printing juga telah berkembang di sisi material. Jika plastik, logam, dan resin, menawarkan peluang besar. Peneliti sedang mengembangkan materi baru, sehingga teknologi ini dapat menjawab segala kebutuhan yang mungkin. Kayu cetakan 3D, keramik atau daging cetakan 3D. Kemungkinan material yang dapat digunakan akan tidak terbatas.

 

3. 3D Printing menyelamatkan nyawa

    3D Printing mempunyai peran yang cukup penting dalam industri medis. Teknik pembuatan ini sebenarnya membantu para ahli bedah dan dokter dalam pekerjaan sehari-hari mereka, seperti hasil rekam medis yang dapat dicetak dengan menggunakan 3D Printer, pembuatan replika organ dengan 3D printer sebagai bahan percobaan atau latihan, dan membuat peralatan bedah. Itulah mengapa 3D Printing dapat membantu bahkan menyelamatkan nyawa di berbagai tingkatan dalam dunia medis.

 

Beberapa Hal menakjubkan yang pernah dicetak 3D printer

1. Bagian tubuh manusia

    Di masa depan 3D Printer dapat dimanfaatkan untuk bidang medis. Dilansir dari List Verse, seorang insinyur dari Cornell University New York pernah membuat telinga palsu berbekal printer 3D. Ia mengambil sel-sel dari tulang rusuk pasien, mencampurnya dengan gel dan menggunakan printer 3D untuk mencetaknya. Setelah telinga tersebut dipasangkan, tulang rawan mulai tumbuh di dalamnya.

 

2. 3D Printer

    3D printer bahkan bisa menciptakan 3D Printer lainnya, yang biasanya dikenal dengan sebutan RepRap (Replicating Rapid Prototyper). Pada tahun 2008, mesin tersebut diuji di University of Bath di Inggris. RepRap berhasil membuat salinan dari dirinya sendiri hanya dalam tiga menit. Di masa depan, teknologi tersebut akan lebih banyak dimanfaatkan untuk berbagai aspek kehidupan. Mulai dari bidang arsitekstur, otomotif, furnitur, dirgantara, medis, pendidikan, dan lain-lain. Dari situlah muncul beragam peranti lunak open source yang dibuat untuk memudahkan proses pencetakan 3D.

 

3. Rumah

    Pada tahun 2018, perusahaan asal San Fransisco berhasil membuat prototipe rumah dari 3D Printer. Sebuah Printer yang bernama Vulcan, hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam untuk bisa membuat prototipe rumah tiga dimensi tersebut. Hal ini dapat menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah terkait permukiman penduduk di masa depan.

 

4. Makanan

    Dilansir dari All 3DP, mulai dari pizza, kue, hingga daging olahan sudah pernah dibuat oleh 3D Printer. NASA bahkan memanfaatkan mesin ini untuk membuat asupan bagi astronaut. Caranya cukup mudah, kita tinggal menggantikan plastik dengan bahan yang bisa dimakan. 3D Printer pun tinggal mencetaknya lapis demi lapis.

 

 

[Sumber] :

> Larasati, Awita Ekasari. 2018. “Mengenal Lebih Dekat Teknologi 3D Printing” . https://idseducation.com/mengenal-lebih-dekat-teknologi-3d-printing/.

> https://3dprinting.com/

> https://www.sculpteo.com/en/3d-printing/3d-printing-technologies/

> https://www.shutterstock.com/video/clip-5868248-printing-plastic-wire-filament-on-3d-printer

> https://www.shutterstock.com/video/clip-7847323-01919-3d-printer-lettering-text-3d-printing

 

Penulis : M. Abby Rafdi Syah (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)

Editor : Zafira Azyati (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)