Pengetahuan Teknik Elektro : Mengapa Burung Tidak Tersengat Listrik Saat Bertengger di Kabel Listrik ?

PTE - 05 September 2021 - 12:00 AM

    Tersengat aliran listrik atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kesetrum merupakan suatu proses terjadinya arus listrik yang mengalir dari luar menuju ke tubuh. Kesetrum terjadi karena kontak dari tubuh manusia dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga menimbulkan arus melalui otot atau rambut. Ketika tersetrum, terdapat beda potensial (arus dari potensial tinggi ke rendah) sehingga muncul tegangan listrik antara tubuh dan lingkungan kita.

Lalu mengapa burung yang bertengger diatas kabel dengan tegangan listrik yang tinggi tidak tersetrum?

    Mari kita memahami bagaimana listrik dapat mengalir terlebih dahulu, berdasarkan konsep pada rangkaian AC(Alternating Current), aliran listrik dapat mengalir jika terhubung dengan sumber tegangan dan juga Ground (pertanahan). Pada saat burung hinggap di atas kabel listrik, burung tersebut hanya terhubung dengan satu titik saja yaitu sumber tegangan. Oleh karena itu, tidak terjadi aliran beda potensial yang melewati tubuh burung tersebut, sehingga si burung tidak akan kesetrum.

    Contoh lainnya adalah saat kita mengetes suatu arus yang ada di stop kontak dengan menggunakan test pen. Lampu indicator pada test pen akan menyala saat kita menempelkan ujung jari-jari kita. Hal tersebut dapat terjadi karena tubuh kita masih terhubung dengan tanah atau Ground yang menyebabkan aliran arus listrik menuju tanah melalui tubuh kita. Namun jika kita menambahkan isolator yang pada kaki kita, maka nyala lampu indicator pada test pen akan semakin redup.

Apakah  konsep tersebut juga berlaku kepada manusia?

    Jika manusia menyentuh kabel listrik seperti burung yang hinggap pada kabel, maka manusia tersebut tidak akan tersetrum, tentunya dengan kaki yang tidak menyentuh tanah. Karena tanah dapat berfungsi sebagai ground yang menyebabkan perbedaan tegangan sehingga listrik mengalir dengan penghantar tubuh manusia tersebut.

[Sumber] :

https://fisika79.wordpress.com/2011/01/30/arus-listrik-ac/

 


Penulis : M. Abby Rafdi Syah (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)

Editor : Zafira Azyati (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)