Pengetahuan Teknik Elektro : Mari Mengenal Alat Ukur Listrik

PTE - 20 Agustus 2021 - 12:00 AM

    Alat ukur listrik merupakan alat yang di pakai untuk mengukur, beda potensial pada listrik, hambatan listrik, daya listrik, dan kuat arus listrik. Alat ukur listrik terbagi menjadi dua jenis yaitu berupa alat ukur digital dan alat ukur analog. Beberapa jenis alat pengukuran listrik yang paling umum digunakan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Voltmeter

    Voltmeter merupakan instrumen yang dimanfaatkan untuk mengukur beda potensial listrik antara dua titik dari suatu rangkaian. Alat ini memiliki batasan di dalam ukuran ataupun batas suntuk dari tegangan yang sanggup diukur secara voltmeter. Jika tegangan dengan diukur meninggalkan batas penuh tersebut, oleh karena itu alat ukur tegangan elektrik ini bakal rusak. Voltmeter merupakan alat yang mempunyai fungsi untuk mengukur suatu tegangan listrik. Voltmeter sendiri terdiri dari tiga lempeng tembaga yang dipasang di sebuah bakelite yang telah di rangkai pada sebuah tabung yang tranpsaran seperti plastik atau kaca.

  • Ohmmeter

    Ohmmeter merupakan instrumen listrik yang mengukur hambatan listrik. Ohmmeter mengalirkan arus ke sirkuit atau komponen (yang resistansinya akan diukur) untuk mengukur tegangan yang dihasilkan dan menghitung nilai resistansi menggunakan hukum ohm.

  • Oscilloscope

    Osiloskop adalah instrumen laboratorium yang biasa digunakan untuk menampilkan dan menganalisis bentuk gelombang sinyal elektronik. Efeknya, perangkat menggambar grafik tegangan sinyal sesaat sebagai fungsi waktu.

  • Galvanometer

    Galvanometer merupakkan suatu alat ukur listrik yang dipakai untuk mengukur beda potensial dan kuat arus listrik kecil dengan Gerakan jarum magnet. Galvanometer tidak bisa dipakai untuk mengukur beda potensial ataupun kuat arus listrik yang besar, dikarenakan kompine-komponen yang ada pda galvanometer tidak mendukung.

  • Multitester

    Multitester merupakan alat yang digunakan untuk mengukur beberapa sifat listrik. Multitester dapat mengukur hambatan, tegangan listrik, dan arus listrik. Maka karena hal tersebut multitester sering kali disebut dengan AVO-meter (Ampere,Volt dan Ohm). Terdapat dua kategori multitester, yaitu multitester analaog dan multitester digital.

  • Wattmeter

    Wattmeter merupakan alat ukur listrik yang berfungsi untuk mengukur daya listrik dalam watt contohnya dikomsumsi oleh suatu komponen / beban, misalnya lampu. Daya listrik disimbolkan dengan (P) dan satuannya (watt). Daya menjadi patokan ketika ingin membeli barang elektronik sebab semakin besar daya pada suatu barang elektronik maka semakin banyak penggunaan energi listriknya dan membuat biaya tagihan juga semakin banyak.

 

[ Sumber ] :

https://yuksinau.co.id/alat-ukur-listrik/

https://www.definitions.net/definition/ohmmeter

www.merriam-webster.com/dictionary/galvanometer

en.wikipedia.org/wiki/Oscilloscope

 


Penulis : Wahyu Setiawan (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)

Editor : Zafira Azyati (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)