Pengenalan Asisten 5 Bidang Minat Dalam Teknik Elektro ITK

Webinar - 11 Januari 2022 - 12:00 AM

Balikpapan-Pengenalan asisten 5 bidang dalam teknik elektro ini merupakan sebuah kegiatan pengenalan asisten penelitian dari 5 bidang minat yang ada di program studi teknik elektro yang dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Oktober 2021. Peserta yang hadir merupakan mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2020 dan 2021. Tujuannya dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan sekaligus memberikan branding terhadap bidang minat yang terdapat dalam Teknik Elektro, harapannya dengan diadakannya kegiatan pengenalan ini, mahasiswa/i teknik elektro dapat lebih aware terhadap penelitian-penelitian yang dilakukan oleh dosen Teknik Elektro. Selain itu juga harapannya mahasiswa/i Teknik Elektro dapat menambah ilmu dan pengalamannya selama mengikuti penelitiannya.

Pengenalan kali ini akan memperkenalkan lima bidang minat terdapat dalam teknik elektro yakni :

1. Sistem Pengaturan

    Sistem pengaturan biasanya mempelajari segala aspek mengenai kelistrikan di bidang pengendalian sistem yang meliputi sistem kontrol industri, otomatisasi, instrumentasi, dan pengolahan sinyal proses pengaturan.

2. Sistem Tenaga

    Sistem tenaga mempelajari tentang segala aspek ketenagalistrikan (arus kuat), konversi energi, pengaman dan kehandalan sistem dari pembangkit listrik, transmisi, dan pendistribusian listrik.

3. Elektronika

    Bidang elektronika ini biasanya mempelajari ilmu kelistrikan arus lemah yang dapat memanfaatkan komponen nonlinear dan juga komponen aktif seperti perangkat semikonduktor, resistor, dioda, dan lain-lain.

4. Teknik Komputer

    Bidang teknik komputer ini adalah suatu bidang disiplin yang mengkombinasikan bidang Teknik Elektro dan juga ilmu komputer yang mempelajari perancangan, pembangunan komputer serta sistem yang berbasis komputer.

5. Telekomunikasi

    Telekomunikasi adalah bidang ilmu yang mempelajari semua aspek terkait bagaimana kita dapat berkomunikasi dalam jarak jauh dimulai dari sebuah sinyal hingga mentransmisikan data, jaringan telekomunikasi, radio, dan radar.

 


Penulis : Wahyu Setiawan (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)

Editor: Zafira Azyati (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)