Pelatihan Software : Proteus

Workshop - 22 November 2021 - 12:00 AM

Balikpapan – Pelatihan Software Proteus merupakan kegiatan pelatihan yang di isi oleh dosen/mahasiswa sebagai pemateri untuk memberikan pelatihan serta pengetahuan kepada para mahasiswa mengenai cara penggunaan software proteus  yang ada di program studi Teknik Elektro. Pada kesempatan kali ini diadakan pada hari Sabtu (25/9) pada pukul 13.00 sampai dengan 15.30 WITA yang diselenggarakan secara daring.

    Adanya teknologi sangat membantu kehidupan manusia dalam melaksanakan berbagai pekerjaan mereka. Seperti saat ini misalnya sudah hadir komputer yang sudah tercipta sejak beberapa tahun lalu sehingga menciptakan sebuah sejarah komputer yang perlu diketahui.

    Komputer merupakan sebuah perangkat yang pada saat ini telah banyak dipakai didalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya komputer ini bisa digunakan sebagai penunjang aktifitas dari manusia, bisa memudahkan semua pekerjaan yang dilakukan.

Software Proteus

    Software Proteus adalah sebuah software yang digunakan untuk mendesain PCB yang juga dilengkapi dengan simulasi PSpice pada level skematik sebelum rangkaian skematik di-upgrade ke PCB untuk memastikan PCB dapat berfungsi dengan semestinya. Proteus mengkombinasikan program ISIS untuk membuat skematik desain rangkaian dengan program ARES untuk membuat layout PCB dari skematik yang dibuat. ISIS disini bukanlah ISIS yang merupakan kumpulan teroris namun digunakan sebagai program untuk perancangan dan pendidikan, sedangkan ARES atau disebut juga Advanced Routing and Editing Software digunakan untuk membuat modul layout PCB.

    Proteus sangat berguna untuk desain rangkaian mikrokontroler. Proteus juga berguna untuk belajar elektronika seperti dasar-dasar elektronika sampai pada aplikasi mikrokontroler. Software ini menyediakan banyak contoh aplikasi desain sehingga pengguna bisa belajar dari contoh-contoh yang sudah ada.

Fitur-fitur Proteus

  1. Memiliki kemampuan untuk mensimulasikan hasil rancangan baik digital maupun analog maupun gabungan keduanya.
  2. Mendukung instrumen-instrumen virtual seperti voltmeter, ammeter, osciloscope, logic analyser, dan masih banyak lagi.
  3. Memiliki model-model peripheral yang interactive seperti LED, tampilan LCD, RS232, dan berbagai jenis library lainnya.
  4. Memiliki kemampuan menampilkan berbagi jenis analisis secara grafis seperti transient, frekuensi, noise, distorsi, AC dan DC, dan masih banyak lagi.
  5. Mendukung simulasi berbagai jenis microcontroller.
  6. Mendukung berbagai jenis komponen-komponen analog.
  7. Mendukung open architecture sehingga pengguna dapat memasukkan program seperti C++/ Arduino untuk keperluan simulasi.
  8. Mendukung pembuatan PCB yang di-update secara langsung dari program ISIS ke program pembuat PCB-ARES.

    Dengan mengikuti program pelatihan software ini mahasiswa dapat memperluas pengetahuan dan melatih cara penggunaan software proteus. Tidak hanya itu, mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan software ini sampai selesai berhak untuk mendapatkan e-sertifikat secara gratis.

 

 

 

 

 


[ Penulis ] :

  1.  Azmi Ardi Dilaga (Journalism and Website Division Apprentice Staff - Kominfo Elektro ITK 2021)
  2.  Satria Putra Akbar (Journalism and Website Division Apprentice Staff - Kominfo Elektro ITK 2021)

[ Editor ] :  Zafira Azyati (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)