Pelatihan Software : Atoll

Webinar - 05 Januari 2022 - 12:00 AM

Balikpapan - Seiring berkembangnya teknologi, manusia semakin memerlukan telekomunikasi untuk dapat saling terhubung dengan individu atau kelompok lain. Telekomunikasi merupakan teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari satu tempat ke tempat lain. Perancangan serta pemodelan sangat diperlukan untuk menciptakan telekomunikasi yang baik, dalam perancangannya dilakukan analisis perhitungan dengan mempertimbangkan fungsi, bahan, material, kekuatan elemen dan sebagainya. Tetapi perancangan dan pemodelan tersebut sekarang dapat dilakukan hanya melalui perangkat lunak atau software saja. Penggunaan software ini menghemat waktu yang dibutuhan dalam mengerjakan pemodelan telekomunikasi, serta lebih efisien.

    Oleh karena itu, untuk meningkatkan skill Mahasiswa Teknik Elektro ITK dalam bidang Telekomunikasi PSDM HMTE ITK mengadakan kegiatan Training Network Planing. Training Network Planing diadakan melalui dalam jaringan menggunakan Zoom Conference pada Sabtu (16/10/2021), kegiatan ini di isi oleh Ibu Hajiar Yuliana, S.T., M.T sebagai pemateri dan Mahasiswa Teknik Elektro ITK sebagai peserta. Pelatihan Training Network Planing dilakukan menggunakan software Atoll, sebelum pelatihan dilaksanakan peserta diminta untuk dapat menginstall software Atoll sehingga pelatihan dapat berjalan dengan baik.

 
 

    Dimana pada kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yakni sesi 1 Ibu Hajiar Yuliana, S.T., M.T mengisinya dengan teori-teori yang berkaitan dengan Network Planning yaitu Basic Network RF Planning, dan di sesi 2 di isi dengan simulasi serta analisis Coverage menggunakan software Atoll. Kegiatan pelatihan software Atoll ini disambut dengan sangat antusias oleh mahasiswa Teknik Elektro dengan keseruan yang dirasakan peserta saat proses kegiatan tersebut berlangsung.

 


Penulis : Retno Debbi Yulisya (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)

Editor: Zafira Azyati (Journalism and Website Division Staff - Humas Elektro ITK 2021)