Mengenal Lebih Dekat Program Studi Teknik Elektro ITK dalam Acara ITK Open House 2020

Expo - 23 April 2020 - 12:00 AM

Balikpapan – Untuk pertama kalinya Institut Teknologi Kalimantan telah mengadakan acara ITK Open House yang berlangsung selama dua hari pada Sabtu (8/2) sampai Minggu (9/2). Tujuan diadakan acara ITK Open House ini sebagai wadah bagi para pelajar SMA/Sederajat di Kalimantan yang ingin merasakan dunia perkuliahan serta mencari informasi terkait program studi. Serangkaian acara ITK Open House antara lain, Kuliah Paralel (Terbuka), ITK Bazar, ITK Expo Program Studi, dan ITK Expo Unit Kegiatan Mahasiswa.

Salah satu dosen Teknik Elektro ITK mengisi Kuliah Paralel

Salah satu serangkaian acara ITK Open House terdapat sesi kuliah paralel atau kuliah terbuka. Tujuannya agar siswa/i dapat merasakan atmosfer pembelajaran perkuliahan dengan diisi materi yang sangat informatif yang langsung dibawakan oleh beberapa dosen dari berbagai bidang program studi. Salah satu dosen dari program studi teknik elektro, Sena Sukmananda Suprapto, S.T., M.T. membawakan materi yang berjudul “Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup”. Materi ini dibawakan pada Minggu (9/2) pukul 13.00-14.30 WITA dengan topik memecahkan permasalahan yang ada dengan peran teknologi sebagai solusinya.

“Bahwa hidup ini penuh dengan masalah. Beberapa orang menyikapi masalah ini dengan menggerutu dan rasa kesal karena menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan mereka harapkan. Namun jika ada sebagian orang yang justru mencintai masalah-masalah tersebut dan mencari solusinya sehingga bermanfaat bagi umat manusia. Solusi tersebut yang hingga saat ini dikenal dengan sebutan teknologi.” Ujar pembawa materi tersebut, Sena Sukmananda Suprapto, S.T., M.T..     

Menarik minat pengunjung dalam ITK Expo Program Studi

ITK Expo Program Studi merupakan salah satu dari serangkaian acara ITK Open House. Program studi teknik elektro ikut andil dalam ITK Expo Program Studi selama acara ITK Open House berlangsung. Program studi teknik elektro menampilkan beberapa alat dan prototype dalam pameran guna menarik perhatian para pengunjung pameran, alat-alat tersebut antara lain 3D Printer, Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan Mini Generator, serta menampilkan robot Line Follower hasil karya dari mahasiswa Program Studi Teknik Elektro ITK. Tak hanya alat dan prototype, tetapi terdapat juga penjelasan singkat terkait kegiatan kemahasiswaan, prestasi dan bidang minat yang ada di Teknik Elektro ITK. Bidang minat yang ada di Teknik Elektro ITK tersebut dibagi menjadi beberapa yaitu Power System, System Control, Renewable Energy, Robotic Science, Bio-medic, dan Telecommunication. Terkait tahun ajaran baru, pengunjung juga diberi sedikit gambaran tentang wajah baru Program Studi Teknik Elektro ITK dimana akan diterapkannya kurikulum baru yaitu Kurikulum 2020-2025 sebagai pembaruan agar program studi ini menjadi lebih unggul kedepannya.

Antusiasme pengunjung

Antusiasme pengunjung yang datang pun cukup besar, beberapa dari mereka adalah siswa/i dari SMA/Sederajat yang pernah dikunjungi sekolahnya dalam bagian kegiatan Pengabdian Masyarakat (pengmas) berupa pelatihan yang diinisiasi mahasiswa dan dosen Teknik Elektro ITK. Mereka berharap kedepannya Program Studi Teknik Elektro ITK dapat semakin berkembang sehingga bisa menerima lebih banyak mahasiswa, harapan lainnya agar Teknik Elektro ITK dapat terus bersaing dengan Program Studi Teknik Elektro unggulan dari kampus lain, serta dapat menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang dapat berguna untuk menunjang Ibu Kota Negara baru nantinya.

 

Penulis: Andhika Naufal Zein (Staff Ahli Kominfo HMTE ITK)