“Elektro Berbagi” Menyadarkan Kita Untuk Saling Berbagi Bersama

Pengabdian - 27 Mei 2020 - 12:00 AM

Balikpapan – Manusia merupakan makhluk yang ditaruh dalam hatinya oleh Sang Pencipta kerinduan untuk senantiasa berbagi. Berbagi mengindikasikan pengorbanan dan kerelaan untuk memberi. Semakin banyak memberi, semakin tidak akan merasa kekurangan. Berbagi merupakan sikap yang terpuji. Orang yang senang berbagi berarti ia punya kepedulian terhadap orang lain.

HMTE ITK melalui program kerja dari departemen sosial masyarakat (SOSMAS HMTE ITK) telah sukses menggelar kegiatan “Elektro Berbagi” pada Minggu (17/5) lalu di Panti Asuhan Al-Mariam, Indrakila 7, Gunung Samarinda, Balikpapan Utara. Tujuan dari kegiatan “Elektro Berbagi” yaitu menjalin hubungan baik kepada salah satu panti asuhan di Kota Balikpapan khususnya di lingkungan sekitar kampus ITK dan mempererat persaudaraan dengan membantu amal baik dan menanamkan sikap peduli mahasiswa/i Teknik Elektro ITK kepada lingkungan sekitar yang membutuhkan.

Bentuk kegiatan dari “Elektro Berbagi” yaitu dengan menyalurkan donasi berupa dana sebesar Rp 2.417.000, pakaian dan sembako dari hasil DOTA (Donasi Kita) Elektro Peduli Bersama dari Minggu (1/3) sampai dengan Kamis (14/5). Donasi yang terkumpul dari seluruh civitas akademikia Teknik Elektro ITK. Pada kegiatan “Elektro Berbagi” diisi dengan materi atau sharing session tentang penyuluhan mengenai Covid-19 seperti bagaimana cara pencegahan penularan Covid-19 dan tindakan kita untuk mencegah penularan Covid-19.

Ima Merlin selaku penanggung jawab kegiatan “Elektro Berbagi” membagikan kesan dan pesannya,

“Kesan saya sangat senang, banyak mahasiswa yang sangat antusias untuk berdonasi dan menyalurkan bantuan, mulai dari dana, pakaian serta sembako ke Panti Asuhan Al-Mariam. Semakin banyak dana yang dikumpul maka semakin banyak panti yang dibantu. Kedepannya jika dana terkumpul lebih banyak maka santunan yang dibagikan akan lebih dari satu panti yang bener-benar membutuhkan bantuan.” Ujar Ima Merlin.

Ima Merlin juga memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa dan civitas akademika Teknik Elektro ITK,

“Pesan untuk seluruh elektro. Dengan berbagi membuat kita lebih peduli dengan yang lain terutama orang-orang yang membutuhkan. Contoh seperti orang di jalan yang benar-benar membutuhkan. Ketika kita memberikan sedikit rezeki kita, mereka sudah senang. Kemudian dengan berbagi membuat hidup kita lebih bermakna dan mengungkapkan syukur kita akan hidup.” Ujar Ima Merlin.

Ima Merlin juga menambahkan,

“Karena banyak orang diluar sana. Menurut kita, kita yang paling susah ternyata masih ada yang lebih kurang. Ketika kita berbagi, maka kenikmatan yang diperoleh. Ketika berbagi sedekah mendapatkan pahala. Ketika berbagi ilmu, maka ilmu yang didapatkan semakin banyak. Ketika berbagi harta, maka Tuhan akan melipatkan gandakan harta yang kita beri. Serta sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.” Ujar Penanggung Jawab Kegiatan Elektro Berbagi, Ima Merlin.

Berbagi dan peduli akan sesama menyadarkan kita untuk terus berupaya membenahi tatanan hidup kita. Dengan berbagi akan menumbuhkan rasa peduli dalam diri. Teruslah berbagi bersama untuk memahami dan memaknai hidup, karena dari berbagi inilah kita akan mendapatkan ketentraman hati.

 

Penulis: Andhika Naufal Zein (Staff Ahli HMTE ITK)