ITK Gelar Wisuda Sarjana Periode-8: Terdapat 6 Wisudawan dari Teknik Elektro ITK, Salah Satu Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude

Wisuda - 23 April 2020 - 12:00 AM

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan yang merupakan satu-satunya institut teknologi negeri di Kalimantan telah mengadakan wisuda periode ke 8 program sarjana yang berlangsung pada Sabtu (14/3) di Hotel Novotel Balikpapan. Sebanyak 6 wisudawan diantaranya berasal dari program studi teknik elektro. Wisudawan tersebut antara lain:

  • Muhamad Robith (04131002)
  • Adi Rafsyan Jani (04151002)
  • Andreas T. Destanio (04151008)
  • Purwa Aditya Wisnu (04151038)
  • Nurkholis Alfian (04161053)
  • Wahdiyatun Nisa (04161076)

Dari 6 wisudawan tersebut salah satunya meraih predikat dengan pujian (cumlaude). Wisudawan yang meraih predikat cumlaude yaitu Wahdiyatun Nisa mahasiswi angkatan tahun 2016. Nisa meraih gelar sarjana hanya 3.5 tahun dengan skripsi Tugas Akhir yang berjudul “Analisis Efektifitas Near-Infrared sebagai Pendeteksi Tumor Payudara Metode Multi Frequency Diffuse Optical Tomography berdasarkan Contract and Detail Size dengan Variasi Koefisien Optik.” Selain itu, Nisa mempunyai segudang prestasi yang ia raih selama perkuliahan.

Pesan dan kesan dari Nisa

Meraih gelar wisuda tidaklah mudah, banyak yang harus ditempuh dan berjuang ekstra untuk menyelesaikan studi S-1 serta menyiapkan persiapan baru untuk pertempuran baru di dunia kerja.

“Saya sangat senang sudah bisa berjuang bersama, apalagi saat setelah selesai sidang. Walaupun ada sedih dan sukanya, tetapi tetap bersyukur, dan saya berharap semoga teman – teman yang wisudanya barengan kemarin bisa dapat pekerjaan yang layak segera dan bisa mengimplementasikan ilmu di dunia kerja nantinya serta membangun hubungan yang baik dengan perusahaan untuk membawa nama baik elektro ITK.” Ujar salah satu wisudawan dari Teknik Elektro ITK, Wahdiyatun Nisa.

Meraih predikat cumlaude merupakan sebuah kebanggaan yang patut di apresiasi. Nisa juga memberikan pesan kepada mahasiswa/i yang belum wisuda.

“Jangan mudah patah semangat dalam mengerjakan Tugas Akhir (TA)-nya. Walaupun harus dihadapkan dengan cobaan Covid -19, tapi buktikan kalo kita anak teknik gak selemah itu, kita di tempa di tempat yang apinya besar. Buktikan kalo kita gak bakal nyerah untuk mengerjakan skripsi, karna kreativitas anak teknik itu luar biasa, bisa mengerjakan skripsi dnegan keterbatasan semua ini. Kita kreatif !.” Ujar mahasiswi ITK tahun angkatan 2016 yang telah meraih gelar sarjana, Wahdiyatun Nisa.

Nisa juga menambahkan harapannya setelah wisuda.

“Saya berharap bisa menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan yang bakal saya tempati untuk bekerja, karena saya mau membangun hubungan dan memperkenalkan ITK ke dunia perusahaan. Terkhususnya perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia harus tahu bahwa ada satu kampus yang kreativitas mahasiswanya tidak kalah hebat sama dengan kampus-kampus di luar Kalimantan.” Ujar peraih predikat cumlaude, Wahdiyatun Nisa.

Harapan

Program Studi Teknik Elektro ITK mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, berkualitas, berintegritas, inovatif, handal, dan mampu bersaing secara global. Walaupun berasal dari kampus yang baru saja berdiri, hal ini tidak menjadi penghalang bagi para wisudawan untuk bersaing dengan alumni dari Perguruan Tinggi lain yang sudah lama berdiri. Tentunya hal ini sekaligus mencerminkan bagaimana kualitas dari Program Studi Teknik Elektro ITK. Sesuai dengan visinya yaitu menjadi pusat pendidikan dan inovasi di bidang Teknik Elektro yang mampu berperan aktif dalam percepatan kemajuan pembangunan nasional terutama di Wilayah Kalimantan pada tahun 2025. Program Studi Teknik Elektro ITK terus berbenah meningkatkan kualitas mutu pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global, baik di dunia kerja maupun magister.

Penulis : Andhika Naufal Zein (Staff Ahli Kominfo HMTE ITK)

Keterangan Dokumentasi: Wahdiyatun Nisa (Foto kiri) dan Dokumentasi syukuran wisuda (Foto Kanan)