Imam Muhammad Hakim Salah Satu Mahasiswa Teknik Elektro ITK Meraih Beasiswa Lanjut Studi S2 di NCU Taiwan

Prestasi - 27 Mei 2020 - 12:00 AM

Balikpapan – Teknik Elektro ITK tak henti-hentinya melahirkan mahasiswa – mahasiswa yang berprestasi. Sebelumnya terdapat dua mahasiswa elektro yang meraih juara dalam pilmawapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) ITK 2020. Saat ini salah satu mahasiswa Teknik Elektro mendapatkan beasiswa lanjut studi S2 di National Central University (NCU),Taiwan.

Mahasiswa tersebut bernama Imam Muhammad Hakim. Mahasiswa yang kerap disapa Imam saat ini sedang berada di akhir fase perkuliahan program sarjana S1 atau bisa disebut dengan semester akhir pada program sarjana S1. Imam mendapatkan beasiswa lanjut studi S2 di National Central University (NCU), Taiwan dengan mengikuti seleksi sebelumnya yang telah diadakan oleh kampus. Imam berhasil meraih beasiswa pada Opto-Mechatronic department Mechanical Engineering dengan jangka waktu selama 2 tahun. Mahasiswa tingkat akhir ini berhasil meraih beasiswa sebesar 10.000 NT atau sekitar 50.000.000 Rupiah untuk tahap awal dan jika Imam selaku mahasiswa memiliki peforma yang baik maka jumlah beasiswa tersebut bisa bertambah.

Perluas Zona Nyamanmu Seluas Alam Semesta

Seiring dengan makin bertambahnya zaman, manusia telah melakukan banyak penjelajahan baik penjelajahan pada hamparan tanah maupun hamparan air yang terselimut oleh tujuh lapis atsmosfer. Rasa ingin tahu manusia tidaklah cukup hanya sampai penjelajahan tersebut. Manusia telah menemukan penjelajahan baru diluar lapisan atmosfer yang hampa udara dan tak memiliki batasan wilayah. Penjelajahan baru tersebut adalah alam semesta. Hal ini direpresentasikan sebagai motivasi Imam dalam menjalankan aktivitasnya. Rasa ingin tahu yang besar seperti ingin belajar banyak hal serta memperluas ilmu sebanyak-banyaknya menjadikan pondasi Imam untuk mendaftar beasiswa tersebut.

“Motivasi saya mendaftar beasiswa tersebut yaitu ingin menimba ilmu lagi, ingin belajar banyak hal, memperluas ilmu sebanyak banyaknya. Daftar beasiswa ini kemarin juga termasuk salah satu keberuntungan karena dapat informasi dari Bapak Vicky. Saya dibantu juga sama beliau untuk proses pendaftarannya. Jadi saya sangat berterimakasih buat Bapak Vicky, berkat beliau saya bisa keterima beasiswa ini.” Ujar Peraih Beasiswa S2 NCU Taiwan, Imam Muhammad Hakim.

Selama perkuliahan, Imam telah banyak mengukir prestasi dan membawa nama baik elektro serta kampus ITK pada kejuaran-kejuaran lomba seperti KKTCBN 2018, PIMNAS 31 UNY, KMLI IX, dan masih banyak prestasi lainnya.

Imam memiliki prinsip dan motivasi diri salah satunya perluas zona nyaman.

“Saya menanamkan motivasi kedalam diri saya yaitu, jangan mau kalah sama keadaan, jangan gampang buat menyerah, dan jangan takut buat mencoba hal baru serta perluas zona nyamanmu.” Ujar Imam.

Imam juga menambahkan pesan untuk mahasiswa/i lain supaya termotivasi untuk mengejar beasiswa dan lanjut studi

“Coba, jangan minder, semua orang punya kesempatan yang sama. Tergantung kita aja yang mau usaha dan ngambil kesempatan itu. Semua yang kita lakukan seperti lomba, organisasi, kepanitian dan kegiatan perkuliahan lainnya itu merupakan aset untuk diri kita kedepannya. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah.” Ujar Mahasiswa tingkat akhir, Imam Muhammad Hakim.

Selaku Calon Wisudawan ITK, Imam sudah mengawali langkah awal yang cukup gemilang. Kisah Imam dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa/i lainnya untuk mengejar cita-cita yang tidak hanya setinggi langit tetapi seluas semesta yang tak terbatas dan tentunya dibalik kesuksesan terdapat perjuangan ekstra yang dirasakan oleh para pejuang kesuksesan.

 

Penulis: Andhika Naufal Zein (Staff Ahli HMTE ITK)